Sakit paru-paru basah, huh… ga deh…!


Hai teman-teman, aku ingin sedikit cerita nih mengenai paru-paru basah. Dulu sekitar bulan Juli tahun lalu, aku mengalami kesakitan di bagian belakang pinggang sebelahkiriku. Bahkan aku sampai mengalami sesak napas dan batuk secara terus menerus. Sampai-sampai aku tidak bisa tidur semalam suntuk. Setelah aku melakukan pemeriksaan ke dokter ternyata aku sakit paru-paru basah dan harus disedot. Huh… begitu menderita banget punya sakit seperti sakit paru-paru basah. Aku harap kalian semua jaga kesehatan ya. karena kesehatan sangat berharga banget. Aku tau itu karena aku dah ngerasain bagaimana menderitanya punya penyakit. Apapun sakitnya itu, pasti sangat menderita. Untuk teman-teman semua jaga kesehatan ya supaya ga sakit kaya aku ok….?

Tentang rani_elf

Saya menyukai drama korea.. Bias kyuhyun... :)
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.

27 Balasan ke Sakit paru-paru basah, huh… ga deh…!

  1. viche berkata:

    mudah- mudahan bermanfaat…
    buat temen2 yang ngerasa enggan berobat ke rumah sakit memeriksakan paru.. Untuk pelayanan paru, setahu saya, di puskesmas2 kecamatan jakarta udah tersedia. jadi untuk pemeriksaan awalnya ga usah takut sama biaya.. baya standar kartu pasien rp.2000,- . Ada alat test lab, rontgen, dan usg juga… dan jauh lebih terjangkau pastinya…
    Tetep hidup sehat, teratur, berfikir positif, dan jauhi asap rokok yah…
    cheer 🙂

  2. aria berkata:

    “ana ada informasi pengobatan h.kosasih ane lg diterapai trus ni gan alhasil alhamdulilah enakan,bagi yang mau tau hub ajah no ni dlu…
    disana pengobatn seiklasnya,,,,gan….
    08561927995…x ajh jodoh mudaha2 han dijabah

  3. Baruklitning berkata:

    biasanya yang terkena PPB harus menjalani pengobatan selama 6 bulan dan tidak boleh terputus walau cuma 1 hari saja. Obat yg diberikan sama dengan obat TBC. Jika ke RS membutuhkan biaya besar, anda bisa coba ke puskesmas untuk mendapatkan obat yang sama dgn harga 80% lebih murah. Selain itu bagi perokok, coba untuk kurangi hingga bisa berhenti total. Perbanyak olahraga pernafasan spt taichi, yoga, dll.

    Selain itu program cara tidur dan makan anda, atur jadwalnya jgn sampai telat. Sebab nafas sesak bisa disebabkan pula oleh naiknya kadar asam lambung sehingga menekan paru-paru yang dibarengi dgn kesemutan di sekujur tubuh dan jantung bredebar-debar (jika dibiarkan bisa mengakibatkan kematian, lekas bawa ke IGD). Biasanya terjadi pada para penderita maag sehingga membingungkan si penderita.

  4. Deena berkata:

    papa juga kena paru2 basah sekitar 3bln yg lalu, dan pengobatannya harus minum obat & penyedotan pada paru2. Hampir setiap minggu paru2nya disedot n menghasilkan cairan mpe 1 liter. Setiap hari papa minum susu segar… Dan sekarang di paru2nya uda ga ada cairannya. Dan sedang proses penyembuhan. Tetapi setelah di rontgen lever ikut terangkat dan menempel paru2. aku ga tau knp bisa spt itu?? Tp kata dr.paru,hal tsb bisa disembuhkan dan butuh waktu. Tapi klo aku liat papaku, ga tega merasakan kesakitannya… di daerah antara perut dan dada sampe ditempel penghilang rasa sakit yg mengandung morfin pun masi trasa sakit. Ada yg bisa bantu r info-nya bgmna pengobatan setelah cairan paru tidak ada,tetapi lever ikut menempel paru??? Mohon doanya dan infonya agar papa kami bisa lekas sembuh.

  5. agus berkata:

    mw tanya,
    paru-paru basah itu menular gak?
    trus ada obat alternatifnya nggak?

  6. Surya berkata:

    Sya jg mo tnya sbnrny pnykt ni bs mnular gk sm org lain?klo mba tau tlong dbls k email sya y,thanks

  7. viant berkata:

    Saya barusan di sedot sebanyak 2,5liter…akhir agustus kemaren baru juga disedot tapi saya lupa brapa banyak….Gak sakit kok waktu disedot, cuma pada saat suntikan dimasukkan emang kerasa sakit, saya tidak dibius….
    Sekarang dikasih 1bulan istrht sama dokter dari kegiatan kerja…
    Saya percaya pasti sembuh, yang penting gizi nya diperhatikan dan ga boleh capek dulu….Positive thinking always…GBU…

  8. rera berkata:

    jadi takut ni,tapi infonya bagus..terimakasih..

  9. Angel berkata:

    kak ..
    sya pny tmn yg pny penyakit paru2x basah ..
    tp dia biarin aja ..
    sya mau tny ..
    pa paru2x bsah bisa ada resiko kematian kalo gak d obatin?
    tlg d jawab yahh kak ..
    Gbu ..

  10. vety berkata:

    aQ juga pengen tanya dunkZ…selama 2 minggu ini aQ mengalami seak napas yang cukup hebat,tyus…dada yang sesak,klo kata ayangQ cie klo tangan kita basahy oto kaki kita berkeringat itu adalah salah satu ciri tanda paru basah…emangb cie selama ngasrama sering tidur kedinginan.tapi apa iya cuma kayak gitu bisqa disebut juga gejala paru basah ato gimana?

  11. ugeng riyadi berkata:

    mbk sya mau tnya..
    klaw cri2 ny telapak tangan basah dg kringat, kaki jga,
    apakah trmsuk cri2 pnykit paru2 basah..

    sya mohon dg sngt bls di email saya
    ugeriyadi@yahoo.com

  12. Suryawati berkata:

    Sedih bgt hari ini. Saat mdgr diagnosa dr. Sp. PD tadi yg merujuk mama ke dr. Sp. Paru k/ dy melihat ad cairan yg memenuhi paru sblh kiri mama ada skitar 4 liter. Ko aneh ya.. Tdk tdeteksi slama ini. Tiba” 4 liter. Kl teman diatas msh 750ml…
    Jd,rencananya bsk mo sedot. Jd, sedot paru itu tmsk tndkn operasi? Uh, serem…
    Blm,lg hrs minum obat berbulan-bulan…
    Dan aq sbg anak yg tinggal 1atap dg mama kmungkinan kena…

    Oy,teman diatas knp memutuskan hny minum obat n tdk sedot cairan? Mnrt dr. Sp. PD katanya sedot cairan lbh baik dr pd hny minum obat. Benarkah?

  13. Aulian berkata:

    Hay,q jg lg sedieh nich,q jg mgdp pnykt yg sm sprt kalian,sblm’a q gatau cz mnrt q n org2 bdn q shat wal afiat,g prnh ad kluhn,pas q br lu2s n nglmr dmn2 yg ad medicl’a mrk mgtkn kl q ga2l krn pnykt ne,sedieh bgt,n stlh q blg ortu q trnyt mrk cuex,dan mpe skrg q g prnh periksa/brobat,jd wat kalian yg udh smbh selamat ya:'(

  14. gina berkata:

    hai tya, aku penasaran nih kamu berobat ke dokter mana ato RS mana sih? kok bisa ga sakit sama sekali, padahal aku dah takut bgt sempet disaranin sama dokternya utk sedot, udh gtu resikonya bs pendarahan ato nyeri bgt gtu…aku baru ketauan sakit ini seminggu yg lalu, walopun masih bisa tertolong hanya dgn obat tp aku msh pgn tau proses sedotnya itu gmn sih byar aku lbh siap..
    aku bener2 tkt krn kalo harus disedot ini operasi pertama kali seumur hidupku setelah 19 tahun..huhu ngeri sendiri deh..

  15. Daniel berkata:

    Please somebody help me…
    Saya pengen bgt konsultasi dengan anda yang pernah merasakan penyakit ini…
    Karna sekarang saya ampun bgt ma penyakiyt ni…hmmm….
    Join with me in:
    email : dani_vai@yahoo.com
    FB : dani_vai@yahoo.com
    Fs : dani_vai@yahoo.com

    Thanks before my friends…

  16. Daniel berkata:

    Mbak…Saya juga punya penyakit persis seperti mbak…
    Klw boleh tw penanggulanganya apa ja mbak buat…??
    Cairan dalam paru saya sudah disedot dokter…
    Trus Saya juga berobat rutin ma dokter spesialis paru…
    Saya mw tanya…Mbak dulu berapa lama sakitnya trus…Perasaan mbak waktu sakit tuh gmna…??
    Thanks mbak…blas ke email saya ja..dani_vai@yahoo.com
    Thanks.

  17. tia berkata:

    sakit!??!! tentu gak ada manusia yang menginginkannya,kcuali….manusia yang perlu dipertimbangkan tingkat kesadarannya.
    aku juga salah satu penderita pneumonia/paru-paru basah. 2 bulan lalu cairan dalam paru2ku juga disedot sampai dapat 750 mL. plong banget biz disedot. tapi waktu penyedotan aku gak merasakan sakit, biasa aja koq waktu disedot N cm butuh waktu 10menitan.
    lebih sakit diinfus daripada disedot. so buat kalian yang punya sakit yang sama n takut sakit disedot gasah kwatir. gak sakit koq…yang penting habis disedot harus istirahat total cz selapt paru2nya harus “menormalkan diri” dulu.
    aq gak merasa berat di kasih ujian sakit, aq nikmatin aja. Semua itu sudah meruypakan ketentuan dari-Nya,asal ikhlas menjalani n berusaha maksimal pasti tidak ada yang sia2.

  18. rio berkata:

    busyeeeeeeeey pada penyakitan semue lo pade

    rasululloh shalallahu’alaihii wasallam bersabda :
    “pergunakan masa 4 mu sebelum datang masa 4 mu”
    “apa ya rasul kata sohabat”
    beliau menjawab
    pergunakan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu
    pergunakan masa lenggangmu sebelum datang masa sibukmu
    pergunakan masa jayamu sebelum datang masa rugimu
    pergunakan masa hidupmu sebelum datang matimu
    saudaraku : perbanyaklah shalat, santunilah anak yatim, puasa sunah, dan ruku lah beserta orang orang tang ruku
    insya allah, allah akan memberikan jalan yang terbaik untuk sadaraku sekalian

  19. BuMi berkata:

    boww.. im same with u… qta senasib sependeritaan heuheuheuheuuuu
    2thn yg lalu w jg menderita paru2 basah..
    td ny jg mw disedot, cm w gk mw…alhasil w hny menjalankan berobat jln.seminggu sx iu wajib k DR, trz obat ny sampai ad hampir 8 jenis tiap minggu ny.krn w males akhir ny gk w trusin pngobatan ny. w capek berobat mulu..sampai detik ini penyakit paru2 basah msh hinggap dan bersarang d paru2 w.tp w te2p happy dikasih penykit itu pertanda Tuhan msh sayank maw heuheuheuheuuu.
    Bg yg sependeritaan penyakit ini gk sah terlalu dipusingkan… tetapi anggep za qta sehat. Bukti nya smpe detik ini w msh tetap bs bernafas dg normal dan baik koq…ok..staying alive yaw brow 🙂

  20. Faried berkata:

    saya jg didiagnosa kena paru-paru basah,
    saya ada pertanyaan mungkin bisa dibantu:
    kalo mau disedot cairannya kira2 makan waktu berapa lama?
    musti ngamar di rumah sakit ato bisa disedot diruang praktek dokter?
    bisa sekalian sedot (dalam sehari) ato musti bbrp kali (hari I, II, III dst)
    saya concern thd waktu, karena musti atur jadwal dengan banyak pihak.
    terima kasih jawabannya, GBU

    bisa tlg jawab disini ato via email thx

  21. Natal berkata:

    sist.. gua slh 1 tmn loe yg terkena paru2 basah.. >.< omg.. itu sakit yg plg menderita seumur idup gua.. although skrg da better.. tp penyakit neq slalu meng hantui gua.. gua tkt kmbuh lg.. org2 blg klo yg terkena pnyakit neq ga blh tdr tengah mlm.. tp aku nya bandel.. ssh buat tdr.. ga tao krn kebiasaan.. or apa gua jg ga tao.. gua jg kena di paru2 sebelah kiri.. skitar 2 taon yg lalu.. waktu itu demam saya ga turun2.. pas di cek ke dokter.. ktnya tipus.. stlh konsumsi obat tipus.. ga sembuh2 jg.. dan trakher krn ga da perubahan.. saya di larikn ke rumah sakit singapore, Elizabeth hospital.. dan saya di cek dgn dokter.. trnyata saya terkena paru2 basah.. saya jg di sedot.. dlm 1 ari saya ga bs bgn dr tpt tdr.. krn bdn saya skt.. ari ke2 br pelan2 buat duduk.. saya menginap slm 7 ari.. luckly gua ms idup ampe skrg.. seremm deh.. klo yg sblh kiri skt.. apa yg sblh kanan bs tertular ya? gua takuttt bgt.. gmn klo dua2 nya gt? bs2 nyawa ku melayank 😦 ampe skrg saya blm treatment buat ke dokter lg.. sblmnya ktnya saya sudah sembuh.. cuma ga sembuh sepnuh nya.. duh.. tao deh.. pasrahh..

  22. lydia berkata:

    hi… nanya yah,…
    dl waktu paru2 basah brp lama proses nya?
    mamaku kena ni.. dan mesti disedot jg.. km pake dokter siapa dan dmn?>
    stlh itu bagaimana pengobatannya?
    thank you ya…
    email ya ke Lychee_lee@yahoo.com
    thank you

  23. susi berkata:

    mbak …boleh tanya ga?
    disedot itu sakit ga?
    berapa lama?
    penyembuhannya lama ga?
    mngg depan aku mau sedot cairan di paru-paru..

    makasi ya mba
    tlg bls ke emailku ya mba

  24. eki berkata:

    mbak,,,,,blh tanya g?
    ehm selain disedot,ada cara yang lain ga?
    yang lebih alami………..
    tolong balas ya mbak di emailku
    bekii_bekii@yahoo.co.id
    tks b4

Tinggalkan Balasan

